TENTANG KAMI

Profil

Sejak tahun 2014 sistem Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Syekh-Yusuf (UNIS) Tangerang mengalami perubahan yang cukup signifikan. Perubahan itu terjadi saat dibentuknya struktur organisasi kelembagaan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasaran (Marketing) berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Nomor 015 Tahun 2014 Tentang Pengangkatan Kepala UPT Pemasaran UNIS, pada Tanggal 19 Maret 2014. Lembaga ini bertanggung jawab penuh kepada Rektor untuk melakukan hal-hal kegiatan teknis yang menyangkut kegiatan pemasaran, aktivitas promosi dan penerimaan mahasiswa baru.

Jauh sebelum dikeluarkan SK tersebut, sistem penerimaan mahasiswa baru di UNIS dilakukan secara ad hoc melalui pembentukan kepanitiaan yang terdiri dari berbagai unsur civitas akademika. Namun sejalan dengan perkembangan waktu dan berbagai pertimbangan serta demi pencapaian kinerja agar sistem penerimaan mahasiswa baru lebih efektif dan efisienmaka dibentuklah lembaga UPT Marketing. Melalui lembaga ini di harapkan aktivitas pemasaran dan kegiatan promosi tidak hanya dilakukan pada saat menjelang penerimaan mahasiswa baru, tetapi dilakukan setiap hari–sepanjang kurun waktu–tahun akademik dan seterusnya.

Pada tahun akademik 2014/2015 sistem penerimaan mahasiswa baru  dilaksanakan sepenuhnya oleh UPT Marketing, mulai dari aktivitas marketing dankegiatan promosi, rekrutmen pendaftaran, tes seleksi masuk, pemberian SK kelulusan dan lain-lain. Kemudian pada tahun akademik 2015/2016 peran UPT Marketing hanya berfokus kepada aktivitas marketing dan kegiatan promosi serta rekrutmen pendaftaran.Sedangkan untuk pelaksanaan tes seleksi masuk dan penetapan SK kelulusan di bentuk kepanitian khususKetentuan tersebut tertuang melalui SK Rektor Nomor 119 Tahun 2015 Tentang Pembentukan Tim Seleksi Masuk UNIS.

Kewenangan dan Tata Kelola Anggaran

Pada tahun akademik 2016/2017 sistem penerimaan mahasiswa baru UNIS, mengalami perubahan terutama dari struktur kewenangan dan tata kelola anggaran. Dimana sebelumnya aktivitas kegiatan penerimaan mahasiswa baru yang di kelola oleh UPT Marketing bertanggung jawab sepenuhnya kepada Rektor, namun pada tahun akademik 2016/2017 aras kewenangannya menjadi berubah bertanggung jawab kepada Yayasan Islam Syekh-Yusuf (YIS). Begitu juga terkait anggaran yang semula di bebankan kepada Daftar Kegiatan dan Anggaran Tahunan (DKAT) UNIS, menjadi berubah di bebankan kepada anggaran YIS. Hal ini seperti tertuang dalam SK Pengurus Yayasan Islam Syekh-Yusuf Tangerang Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Pengangkatan Tim Marketing dan Penerimaan Mahasiswa Baru UNIS Tahun Akademik 2016/2017.

Dengan keluarnya SK tersebut, menerangkan bahwa kelembagaan penerimaan mahasiswa baru UNIS terdiri dari berbagai unsur, yakni organ UPT Marketing, organ Yayasan Islam Syekh-Yusuf, mahasiswa dan pihak eksternal yang di rekrut dengan pertimbangan memiliki komptensi dan keahlian khusus. Tim Marketing dan PMB ini bertugas menjalankan aktivitas marketing dan kegiatan promosi serta rekrutmen pendaftaran. Sedangkan untuk pelaksanaan tes seleksi masuk dan penetapan SK kelulusan, tetap dibentuk kepanitian yang bertugas menyelenggarakan tes seleksi dan penetapan SK kelulusan. Ketentuan tersebut tertuang melalui Surat Tugas Pejabat Rektor Nomor 0056 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Tim Seleksi Masuk UNIS. Meski demikian, tata kelola dan koordinasi kerja antara Tim Marketing dan panitia seleksi selalu berjalan baik dan sinergis.

Struktur UPT Humas dan Marketing

Faisal Tomi Saputra, S.IKom., M.Si

Kasubag Humas

Mad Yoman, S.IKom., M.IKom

Kasubag Pemasaran

Ajeng Pradesti, S.IKom., M.IKom

Kasubag Pelayanan

Fitri, SH., MH

Kasubag Seleksi