Islam Ajarkan Tasamuh

Islam Ajarkan Tasamuh

TANGERANG – Islam mengajarkan adanya tasamuh, yaitu sikap toleransi dan menghargai antar umat beragama. Maka dari itu, kita dianjurkan dan diajarkan untuk menjaga kerukunan, karena di Indonesia ada bermacam-macam agama. “Karenanya diajarkan pula tentang bagaimana saling menghormati, menyayangi, dan menghargai sesama makhluk hidup. Hal itu dikarenakan bahwa harus percaya atas adanya suatu perbedaan agama,” ungkap Faiz Fikri Al Fahmi, Ketua Pengurus Masjid Al-Mudzakirin Universitas Islam Syekh-Yusuf (Unis) Tangerang.

Faiz menjelaskan, makna toleransi ialah saling memahami dan menghargai adanya kerukunan antar umat beragama. Dalam terminologi Islam, istilah yang paling dekat dengan kerukunan umat beragama adalah tasamuh. Konsep ini didirikan oleh para guru dan ulama-ulama di Nahdlatul Ulama (NU) yang berarti toleransi. “Islam bukan membenarkan semua ajaran agama itu benar, tapi toleransi adalah adanya perbedaan agama,” ujarnya. 

Faiz mengatakan, pada zaman Rasulullah sudah ada contoh bentuk toleransi beragama. Seperti Nabi Muhammad SAW yang tidak melarang dan tidak memungkiri adanya agama lain di Madinah. “Beliau tidak memerangi agama lain selain Islam. Artinya Islam agama yang begitu besar toleransinya,” kata Faiz. 

Menurut Faiz, dalam Al-Qur’an Surat Al-Hujurat Ayat 13  dijelaskan manusia diciptakan dari seorang laki-laki dan perempuan. Kemudian, berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar saling mengenal. Konsep dari toleransi ialah menyayangi sesama makhluk. “Sayangilah orang yang ada di bumi, maka yang di langit akan menyayangi kita. Pandanglah mereka seperti saudara kita meskipun berbeda agama. Maka kita tidak boleh menulis, mengatakan, atau mengomentari hal-hal buruk yang menyinggung Sara di media sosial,” ucapnya.

Faiz menambahkan, dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 256 menyebut tidak ada paksaan dalam menganut agama Islam. Dalam ayat tersebut dijelaskan,  telah jelas jalan yang benar dari jalan yang sesat. “Tidak ada paksaan dalam umat beragama. Saling menghargai dan menghormati saja sesama makhluk, untuk menjaga persatuan antar umat beragama,” tutupnya. (Hanah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ada yang bisa kami bantu.!