24 Orang Bersaing Jadi Wakil Rektor, Dekan dan Direktur PPS Unis Tangerang

Universitas Islam Syekh Yusuf (Unis) Tangerang menggelar seleksi  jabatan wakil rektor (warek) dekan hingga direktur program pasca sarjana (PPS) periode 2021-2025. Seleksi yang dilaksanakan secara terbuka ini  diikuti oleh 24 kandidat, baik dari internal maupun eksternal dengan sistem serupa lelang jabatan. Para kandidat melakukan pemaparan visi-misi serta program di  Aula Gedung A lantai VI, Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Rabu (19/5). Masing-masing kandidat memiliki waktu selama satu jam untuk  menyampaikan visi dan misinya.

Pada tahapan ini, para kandidat diuji oleh panelis dari  kalangan profesional serta audiens yang merupakan civitas akademika Unis. Ketua Panitia Seleksi, Muhammad Yus Firdaus menyatakan, jumlah pendaftar sebetulnya mencapai  ratusan,  tepatnya 136 kandidat. Namun setelah melalui verifikasi, hanya 24 calon yang memenuhi persyaratan. “Hari ini yang mengikuti tahap pemaparan adalah kandidat yang  dinyatakan lolos verifikasi,”ujar Yus Firdaus kemarin.

Dia menambahkan,  panitia sebelumnya sudah membuka pendaftaran selama dua minggu dan berakhir pada 3 Mei lalu. Pemaparan visi misi serta  program kerja sendiri akan berlangsung hingga Minggu (23/05) mendatang. Ada pun posisi yang diperebutkan  oleh kandidat ialah wakil rektor I, II dan III, enam kursi dekan dan satu jabatan direktur PPS. “Setelah tahapan ini, hasilnya akan dinilai oleh panelis,” ucapnya.

Untuk panelis dalam kegiatan kemarin Yus menyebutkan ada penulis buku dan konsultan  HRD Ubadillah Anwar, lalu  Ali Said Damanik yang juga profesional bidang leadership serta  psikolog Aulia Grashinta. “Kita memang sengaja pilih panelis dari kalangan profesional supaya  penilaiannya obyektif,” ujarnya. Setelah penilaian oleh panelis secara skoring,  hasilnya akan diserahkan kepada senat universitas untuk diberikan pertimbangan. “Lalu  diserahkan lagi kepada rektor untuk selanjutnya disampaikan kepada yayasan agar ditetapkan,”  terangnya.

Dia menambahkan, secara keseluruhan tiga posisi warek dilamar oleh tujuh  kandidat di mana lima orang merupakan calon dari internal dan dua kandidat eksternal. Enam posisi dekan  diperebutkan 15 calon dan kursi direktur PPS diincar oleh dua kandidat. “Untuk peserta  eksternal hanya untuk jabatan warek saja, karena posisi dekan dan direktur PPS harus dari  internal untuk kepentingan karir,” jelasnya. Dari segi  pendidikan, Yus menyampaikan, kandidat dekan minimal S2 sedangkan calon warek dan  direktur PPS wajib berpendidikan S3. Saat disinggung, apakah banyak ‘petahana’ yang kembali mendaftarkan diri, Yus  menyatakan hanya tiga orang saja. “Dua incumbent untuk posisi dekan, satu direktur pasca sarjana selebihnya wajah  baru,” ucapnya.

Leave us a Comment